Akhirnya Luhut Panjaitan Kecipratan Jabatan Dari Jokowi

Luhut Panjaitan - Foto : Ist. 
Luhut Panjaitan akhirnya dilantik sebagai Kepala Staf Kepresidenan pada Rabu, 31 Desember 2014. siang. Luhut mengenakan peci, jas, dan, dasi merah tampak khidmat mengikuti pembacaan sumpah. Pengangkatan Luhut ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden No 148P/2014 tentang pengangkatan kepala staf kepresidenan.

Hadir juga dalam pelantikan ini antara lain Wapres JK, Menko Maritim Indroyono Soesilo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menlu Retno, Ketua MK Hamdan Zoelva, Seskab Andi Wdijajanto, Kepala BIN Marciano Norman.

Pelantikan Luhut ini memang tak mengejutkan. Luhut dikenal banyak bekerja membantu Jokowi semasa sebelum menjadi presiden.

Diberitakan sebelumnya, upaya pembentukan lembaga staf kepresidenan yang memiliki hak dan fasilitas setara menteri, dinilai pengamat politik, hanya sebagai bentuk akomodasi bagi relawan yang telah membantu Jokowi dalam proses pemilihan presiden.

Idil Akbar, pengamat politik dari Universitas Padjajaran Bandung menilai, tumpangtindihnya tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Staf Kepresidenan dengan Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet hanya akan menambah beban anggaran negara. Karenanya, Idil menyarankan agar Jokowi menjelaskan terlebih dahulu tupoksi dari Staf Kepresidenan sebelum secara resmi membentuknya.

"Karena kalau belum jelas tupoksinya, hanya menambah beban anggaran negara," ujar Idil kepada media di Bandung, Minggu 28 Desember 2014. (fs)


0 Response to "Akhirnya Luhut Panjaitan Kecipratan Jabatan Dari Jokowi"

Post a Comment