Satu Orang Meninggal Dalam Musibah Pasar Klewer

proses evakuasi di Pasar Klewer 27/12/14 - Foto : Net 
Kebakaran hebat yang melanda Pasar Klewer Sabtu 27 Desember 2014 hingga Ahad, 28 Desember 2014 membawa korban. Priyo Hartono, meninggal setelah mengetahui 3 kios miliknya terbakar. 

Priyo Hartono, warga Gentan Raya II Blok L, Gentan Sukoharjo memiliki tiga kios di Blok A Pasar Klewer. Dia meninggal Sabtu, 27 Desember 2014 malam hari seusai menengok kios-kiosnya.

Salah seorang kerabapat Priyo, Dewi menceritakan kronologisnya.

“Pak Priyo sudah saya anggap Pak De saya. Jadi, saat Sabtu malam, posisi saya di Sekaten. Kemudian ada BBM masuk isinya, ‘Tolong dicek katanya Pasar Klewer terbakar’,” ujar Dewi, Minggu 28 Desember 2014. 

Dewi kemudian langsung mengecek ke Pasar Klewer. Sesampainya di lokasi dia melihat sedikit kepulan asap di kios-kios sisi barat berdekatan dengan Bank Mandiri. Asap tebal kemudian menjalar  ke timur.

“Pak De saya datang, lalu kami, saya dan suami berusaha mengeluarkan barang-barang dari kios. Ya seadanya. Posisinya kios digembok, dicongkel, lalu kami masuk dan menyelamatkan sebisanya barang kain sutra. Dibawa ke mobil. Semua pedagang panik,” katanya.

Sambil menunggu dagangan di mobil, tiba-tiba Priyo mengaku kelelahan. 

“Pakde saya bilang, ‘saya capek..’. Tak berapa lama kemudian Pakde terpuruk dan nggledhak (terjatuh ke belakang). Saya dan suami panik, dan berusaha nyari transport. Tapi gak ada. Akhirnya barang-barang di mobil saya keluarkan dan saya dan suami ke RS Kustati. Sesampainya di sana dokter mengatakan Pakde sudah meninggal beberapa saat lalu. Jadi waktu mengatakan ‘saya capek’ itu jantungnya sudah berhenti,” katanya.

Pernyataan Dewi dikuatkan Palupi, penjual pakaian bekas di Pasar Klewer. Palupi mengatakan, setelah memindahkan sebagian miliknya, Priyo terlihat pucat.

"Bapak (Priyo) kelihatan kelelahan sesudah memindahkan barang yang masih bisa diselamatkan dari kios," ujar Palupi 28 Desember 2014.

Jenazah Priyo dimakamkan di Delanggu, hari Minggu, 28 Desember 2014, pukul 11.00 WIB, persis bertepatan dengan 100 hari meninggalnya istri Priyo. di Delanggu. Dewi mengatakan hari ini merupakan 100 hari meninggalnya istri Priyo. [*/li/fs]

0 Response to "Satu Orang Meninggal Dalam Musibah Pasar Klewer"

Post a Comment