Air Asia Ditemukan, DPR Apresiasi Kinerja Basarnas

ilustrasi Basarnas - Foto : Net 
Keberhasilan Tim Basarnas yang dibantu pula oleh unsur TNI, militer Internasional dan masyarakat diapresiasi oleh Komisi V DPR RI.

Apresiasi secara khusus kepada Tim Basarnas yang dengan cepat menemukan serpihan pesawat Air Asia dan jasad penumpang pesawat tersebut disampaikan oleh wakil ketua Komisi V, Yudi Widiana Adia, di Jakarta, Selasa, 30 Desember 2014.

“Kami mengapresiasi Basarnas yang cepat melakukan melakukan operasi pencarian Pesawat AirAsia ini sehingga bisa memberikan kepastian kepada keluarga korban,” kata Yudi.

Seperti diketahui, pada hari ketiga operasi pencarian dan penyelamatan, Basarnas dibantu TNI, militer Internasional dan nelayan sekitar telah berhasil menemukan beberapa serpihan pesawat dan jenazah penumpang pesawat Air Asia yang dinyatakan hilang pada Ahad, 28 Desember 2014 lalu.

Yudi juga menyampaikan dukacita mendalam dan mendoakan keluarga penumpang dan awak pesawat.

“Kami turut berduka dan mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan menghadapi musibah ini,” kata dia.

Yudi berharap setelah proses evakuasi selesai, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera melakukan investigasi penyebab terjadinya musibah ini dan secara transparan mengumumkannya kepada publik.

“Setelah semua serpihan pesawat ditemukan termasuk blackbox, kami berharap KNKT bisa segera bekerja melakukan kegiatan investigasi, penelitian, penyelidikan lanjutan, dan memberikan laporan akhir serta rekomendasi dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan dengan penyebab yang sama," ujarnya.

Sesuai dengan UU Penerbangan, kata Yudi, hasil investigasi dapat diumumkan kepada masyarakat karena bersifat bukan rahasia.

Yudi juga mengingatkan kewajiban PT Indonesia Air Asia selaku perusahaan jasa angkutan udara untuk memenuhi kewajibannya membayarkan ganti rugi kepada keluarga penumpang.[sur/fs]

0 Response to "Air Asia Ditemukan, DPR Apresiasi Kinerja Basarnas"

Post a Comment