Menteri Susi : Jadikan Bencana Tsunami Sebagai Pelajaran Untuk Bangsa

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti


Memperingati 10 tahun musibah tsunami yang menimpa Aceh dan Sumatera Utara, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar sebuah seminar Internasional bertajuk International Seminar on The 10 Years Commemoration of The 2014 Indian Ocean Tsunami, di Jakarta, Senin 24 November 2014.

Menteri Susi  menuturkan, seminar ini sangat penting mengingat peristiwa tsunami di Samudera Indonesia telah benar-benar mengguncang dunia. Bencana ini semestinya menjadi pelajaran yang sangat berharga, karena sebagai bencana kemanusiaan, tsunami ini tak hanya menghilangkan banyak nyawa, namun juga telah meluluhlantakkan infrastruktur yang dibangun selama puluhan tahun.

Menteri Susi berharap, dari seminar internasional ini dapat dihasilkan kajian-kajian penanganan kebencanaan agar ada langkah tepat mitigasi bencana serupa.

"Saya berpesan dari konferensi ini menghasilkan diskusi konstruktif untuk penanganan ke depan," ujar Susi.

Sementara itu, Direktur Tata Ruang Laut, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil KKP, Subandono Diposaptono mengatakan, seminar ini juga mengkaji persiapan untuk penanggulangan tsunami.

"Mereview upaya penanggulangan bencana. Tujuannya untuk memperbaiki persiapan bencana seperti tsunami," ujar Subandono.

Kementerian Kelautan dan Perikanan berharap, seminar ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam penanganan bencana, guna mengurangi dampak sosial bencana tsunami. "Meningkatkan kesadaran peran dan partisipasi semua pihak dalam mitigasi bencana guna mereduksi dampak lingkungan serta sosial dari bencana tsunami," tutup Subandono.  

0 Response to "Menteri Susi : Jadikan Bencana Tsunami Sebagai Pelajaran Untuk Bangsa"

Post a Comment