Kolomnis Amerika: Kudeta As-Sisi salah satu sebab pengunduran diri Menhan AS



Kolomnis Amerika, Marc Fisher menyampaikan dalam tulisannya yang dimuat situs berita Fox Amerika, bahwa kudeta militer yang terjadi di Mesir menjadi salah satu sebab utama pengunduran diri mentri pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel. Hagel merasa gagal meyakinkan Abdul Fattah As-sisi agar tidak melakukan kudeta militer terhadap presiden terpilih Muhammad Mursi.

Menurut Marc, Hagel mengundurkan diri dari jabatan penting di kabinet Obama tersebut disebabkan beberapa faktor yang berkaitan dengan perkembangan politik timur tengah dan sebab lainnya di internal pentagon.

Yang menjadi sebab utama pengunduran diri Hagel tentu kegagalannya mencegah kudeta militer di Mesir dan pertumpahan darah yang terjadi disana. Hagel berpendapat citra Amerika Serikat di mata internasional menjadi buruk dengan membiarkan rezim militer melakukan pembantaian terhadap rakyat sipil, apalagi selama ini Amerika dikenal paling gencar mendorong demokratisasi diseluruh dunia, dan sekarang dunia internasional mengetahui kekejaman yang dilakukan militer Mesir tersebut atas sepengetahuan Amerika Serikat, menurut Hagel, sangat memalukan.

Sebab lainnya pengunduran diri Hagel adalah kegagalannya dalam memerangi ISIS di Suriah dan Iraq. Hagel juga merasa gagal memaksa pasukan Taliban menandatangani kesepakatan damai di Afghanistan, termasuk kegagalannya menyelesaikan konflik di Ukraina yang melibatkan militer Rusia.

Marc menambahkan, tentu ada faktor internal yang menjadi sebab pengunduran dirinya, yaitu faktor internal pentagon sendiri, Hagel merasa gagal melakukan reformasi didalam tubuh pentagon, dan merasa pentagon kehilangan jati diri dibawah kepemimpinan Barack Obama.

*sumber: http://ikhwanonline.com/Article.aspx?ArtID=211817&SecID=341

0 Response to "Kolomnis Amerika: Kudeta As-Sisi salah satu sebab pengunduran diri Menhan AS"

Post a Comment