Jokowi Tolak Lantik BG, PDI P Siap Jadi Partai Oposisi Lagi


PDI Perjuangan (PDI P) sebagai partai pengusung  Jokowi di Pilpres 2014 bisa berbalik menjadi partai oposisi. Hal itu jika Jokowi menolak untuk melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Pakar Politik dari CSIS, J Kristiadi mengatakan, tekanan dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu justru lambat laun semakin membuat Jokowi dalam posisi dilema.

"Partai pengusung (PDIP) justru bisa jadi partai oposisi. Di KIH itu kan yang paling kencang (intervensi) PDIP," kata Kristiadi, Ahad, 1 Februari 2015, seperti dirilis inilahcom.

Menurutnya, Jokowi bisa saja keluar dari partai tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin, partai Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bergabung bersama Koalisi Merah Putih (KMP) tanpa PDI P.

"Politik itu selalu bisa. Malah bin ajaib, agar para partai politik itu sadar. Supaya rakyat tau sebetulnya Jokowi ini ingin taat dan melaksanakan keinginan rakyat," tegasnya.

Penilaian itu juga menyusul atas pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto. Menurutnya, pertemuan yang digelar di Istana Bogor beberapa waktu lalu itu dalam rangka mengimbangi tekanan politik dari PDI P sebagai partai pengusung di Pilpres 2014.

"Bertemu Prabowo itu mencari keseimbangan. Dimana Jokowi itu sudah tidak bisa mendapat dukungan dari KIH, desakan dari PDIP cukup deras untuk melantik BG (Budi Gunawan),"tutup Kristiadi. [mes/fs]

0 Response to " Jokowi Tolak Lantik BG, PDI P Siap Jadi Partai Oposisi Lagi"

Post a Comment