Mencari Wakapolri


Pasca-putusan sidang praperadilan diputus Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin, 16 Februari 2015, Komjen Budi Gunawan dipastikan mulus menjadi Kapolri. Lalu siapa pendampingnya?

Permohonan gugatan praperadilan Budi Gunawan dikabulkan dan penetapan status tersangka oleh Komisi Pemberantan Korupsi (KPK) dinyatakan tidak sah oleh putusan Hakim Sarpin Rizali. Budi Gunawan (BG) tinggal menunggu waktu untuk dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri. Apalagi BG sudah mendapat restu dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Lalu siapa pendamping BG menjadi Wakil Kapolri di korps Bhayangkara itu?  Setidaknya ada tiga nama kuat yang muncul. Siapa saja?

1. Kadiv Propam Irjen Drs. Syafruddin, M.Si, menjadi salah satu calon yang diunggulkan untuk mendampingi Budi Gunawan sebagai Wakapolri. Semula mantan ajudan Wapres RI Jusuf Kalla di 2004 itu digadang-gadang akan menduduki jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) yang sebelumnya diisi Budi Gunawan .

Syafruddin lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan, 14 April 1961dan pernah menjabat Wakapolda Sumatera Utara, lalu Kapolda Kalimantan Selatan sebelum kemudian menjabat Kadiv Propam Polri. Meski masih berpangkat Irjen, namun Syafruddin cukup berpeluang naik pangkat terlebih dahulu sebelum menjadi pendamping Budi Gunawan.

2. Figur kedua yang cukup kuat berpeluang menjadi Wakapolri adalah Komjen Drs. Dwi Priyatno, SH yang kini menjabat Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri. Sebelumnya Dwi juga sempat disebut-sebut bakal menggeser Budi Gunawan jika gagal dilantik sebagai Kapolri karena kasus hukum yang membelitnya dengan KPK.

Dwi, kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah, 12 November 1959 itu merupakan Kapolda Metro Jaya tersingkat kedua yakni lima bulan setelah Irjen Pol Timur Pradopo (waktu 3,5 bulan). Alumni Akademi Kepolisian 1982 ini selain pernah menjabat Kapolda Metro Jaya, sebelumnya menduduki posisi Kapolda Jateng dan Staf Ahli Sospol Kapolri.

3. Nama lain yang santer beredar untuk mendampingi Budi Gunawan adalah Komjen Putut Eko Bayu Seno. Sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sempat menyebut Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri ini cocok mendampingi Budi Gunawan.

Putut lahir di Tulungagung, Jawa Timur, 28 Mei 1961 menjadi Kabaharkam sejak 18 Maret 2014 menggantikan Komjen Pol Drs. Badrodin Haiti yang kini menjabat Pelaksana Tugas Kapolri. Lulusan Akpol 1984 ini berpengalaman menduduki sejumlah posisi penting. Jabatan yang pernah dilaluinya adalah Ajudan Presiden RI  (2004), Kapolda Banten (2011) , Kapolda Jabar (2011), dan Kapolda Metro Jaya (2012). [mdr]


http://www.takrim-alquran.org/program-sedekah-al-quran-untuk-kedua-orang-tua-2/

0 Response to "Mencari Wakapolri"

Post a Comment