Ini penjelasan ilmiah tentang kisah yang sesungguhnya:
✅ مهم جداً
Amat PENTING!!
د / صالح العصيمي عضو هيئة التدريس بجامعة الإمام محمد بن سعود الإسلامية قسم العقيدة
Dari DR Sholih Al Ushoimy dosen Unv. Islam . Imam Muhammad bin Saud, Jurusan Aqidah.
Amat PENTING!!
د / صالح العصيمي عضو هيئة التدريس بجامعة الإمام محمد بن سعود الإسلامية قسم العقيدة
Dari DR Sholih Al Ushoimy dosen Unv. Islam . Imam Muhammad bin Saud, Jurusan Aqidah.
هل وأد عمر بن الخطاب ابنته في الجاهلية؟
Apakah Umar bin Khattab benar telah mengubur hidup Putrinya pada masa jahiliyah??
Apakah Umar bin Khattab benar telah mengubur hidup Putrinya pada masa jahiliyah??
الجواب ( لا )
Jawabannya : TIDAK
Jawabannya : TIDAK
لقد شاع على ألسنة الكثير من الخطباء والوعَّاظ أنّ عمر بن الخطاب رضي الله عنه كان قد وأد ابنته في الجاهلية،
ولطالما سمعنا هذه القصة على المنابر وفي المحاضرات والمواعظ،
Memang presespsi itu muncul dari kebanyakan Dari khatib atau ustadz / dai, bahwasanya Umar bin Khattab telah mengubur putrinya pada masa Jahiliyah, dan kita semua selalu mendengarkan kisah tersebut melalui mimbar mimbar dalam sesi sesi kuliah dan ceramah,
ولطالما سمعنا هذه القصة على المنابر وفي المحاضرات والمواعظ،
Memang presespsi itu muncul dari kebanyakan Dari khatib atau ustadz / dai, bahwasanya Umar bin Khattab telah mengubur putrinya pada masa Jahiliyah, dan kita semua selalu mendengarkan kisah tersebut melalui mimbar mimbar dalam sesi sesi kuliah dan ceramah,
وخلاصة القصة المنتشرة بين الناس :
"أنه رضي الله عنه كان جالساً مع بعض أصحابه، إذ ضحك قليلاً، ثم بكى، فسأله مَن حضر،
فقال: كنا في الجاهلية نصنع صنماً من العجوة، فنعبده، ثم نأكله، وهذا سبب ضحكي،
singkat kisah yg tersebar pada masyarakat
adalah bahwa Umar Radhiallah anhu suatu hari tengah duduk bersama para sahabat yg lain, kemudian ia tiba tiba tertawa ringan lalu kemudian ia menangis.
Lalu ada yg bertanya padanya apa yang telah terjadi.
Umar menjawab: Dahulu pada saat jahiliyah kami membuat berhala sesembahan dari adonan roti. Kemudian suatu saat kami memakannya, itulah sebabnya aku tertawa.
"أنه رضي الله عنه كان جالساً مع بعض أصحابه، إذ ضحك قليلاً، ثم بكى، فسأله مَن حضر،
فقال: كنا في الجاهلية نصنع صنماً من العجوة، فنعبده، ثم نأكله، وهذا سبب ضحكي،
singkat kisah yg tersebar pada masyarakat
adalah bahwa Umar Radhiallah anhu suatu hari tengah duduk bersama para sahabat yg lain, kemudian ia tiba tiba tertawa ringan lalu kemudian ia menangis.
Lalu ada yg bertanya padanya apa yang telah terjadi.
Umar menjawab: Dahulu pada saat jahiliyah kami membuat berhala sesembahan dari adonan roti. Kemudian suatu saat kami memakannya, itulah sebabnya aku tertawa.
أما بكائي،
فلأنه كانت لي ابنة، فأردت وأدها، فأخذتها معي، وحفرت لها حفرة،
فصارت تنفض عن لحيتي، فدفنتها حية".
Adapun sebab tangisku karena dulu aku punya putri kecil dan aku terobsesi untuk menguburnya, kemudian ku ajak dia pergi dan aku menggali untuknya sebuah liang lahat padahal pada saat itu ia menarik- narik jenggot ku, tapi aku segera menguburnya hidup hidup.
والعجيب أنّك تجد المرء من العوام لا يفقه من الإسلام شيئا ولا يحفظ من شرائعه أمرًا إلاّ قصة وأد عمر لابنته
Sungguh heran, anda akan mendapatkan orang awam yg tidak paham Islam sedikit pun dan tidak hapal ajaran- ajaran agama, tapi dia hapal kisah Umar yg mengubur putrinya!!
Sungguh heran, anda akan mendapatkan orang awam yg tidak paham Islam sedikit pun dan tidak hapal ajaran- ajaran agama, tapi dia hapal kisah Umar yg mengubur putrinya!!
والحقيقة المذهلة التي يتحمّل مسؤوليتها الخطباء والوعاظ أنّ هذه القصة باطلة وموضوعة وملفقة على أمير المؤمنين عمر بن الخطاب رضي الله عنه،
Realitasnya kisah ini adalah tidak relevan, dan para dai dan ustadz bertanggung jawab atas ini. Sebenarnya kisah ini direkayasa dan di sematkan kepada Amirul mu'minin Umar Radhiallah anhu.
Realitasnya kisah ini adalah tidak relevan, dan para dai dan ustadz bertanggung jawab atas ini. Sebenarnya kisah ini direkayasa dan di sematkan kepada Amirul mu'minin Umar Radhiallah anhu.
والعجيب أنّه لا ذكر لها في كتب السنة والحديث أو كتب الآثار والتاريخ،
Keganjilan tersebut terdapat ketika sebenarnya tidak ada rujukan ilmiah yang dalam literatur assunah maupun hadis atau sumber atsar, atau buku buku sejarah.
Keganjilan tersebut terdapat ketika sebenarnya tidak ada rujukan ilmiah yang dalam literatur assunah maupun hadis atau sumber atsar, atau buku buku sejarah.
ولا يعرف من مصادرها إلا ما يكذبه الرافضة الحاقدون من غير دليل ولا حجة.
Dan tidak diketahui sumber rujukan kisah itu kecuali dari kebohongan kisah syi'ah Rofidhoh yg penuh dg kebencian, bahkan tanpa bukti dan tanpa otentitas yang jelas.
Dan tidak diketahui sumber rujukan kisah itu kecuali dari kebohongan kisah syi'ah Rofidhoh yg penuh dg kebencian, bahkan tanpa bukti dan tanpa otentitas yang jelas.
والأصل أنه لا يُثْبَت مثل ذلك إلاّ بإسناد ثابت ، وليس لدينا إسناد ثابت بأن عمر رضي الله عنه فعل ذلك فعلاً.
Sepantasnya hal itu harus divalidasikan dengan sumber literatur yang otentik dan meyakinkan. Namun kita tidak memiliki sumber referensi yang valid yg menyatakan bahwa Umar Radhiallah anhu benar-benar melakukan hal tersebut.
Sepantasnya hal itu harus divalidasikan dengan sumber literatur yang otentik dan meyakinkan. Namun kita tidak memiliki sumber referensi yang valid yg menyatakan bahwa Umar Radhiallah anhu benar-benar melakukan hal tersebut.
وممّا يؤكد زيفها ووضعها:
Kepalsuan kisah itu semakin jelas antara lain dengan analisa berikut ini :
Kepalsuan kisah itu semakin jelas antara lain dengan analisa berikut ini :
١- أنّه من المعلوم أن أول امرأة تزوجها عمر - رضي الله عنه - هي زينب بنت مظعون أخت عثمان
فولدت له حفصة وعبد الله
وعبد الرحمن الأكبر
Seperti diketahui bersama, bahwasanya Umar Radhiallah anhu pertama kali menikah dengan Zainab binti Mazh'un saudari Utsman, darinya lahirlah Hafshoh, Abdullah, Abdurahman 'yg tertua'
فولدت له حفصة وعبد الله
وعبد الرحمن الأكبر
Seperti diketahui bersama, bahwasanya Umar Radhiallah anhu pertama kali menikah dengan Zainab binti Mazh'un saudari Utsman, darinya lahirlah Hafshoh, Abdullah, Abdurahman 'yg tertua'
كما جاء في البداية والنهاية لابن كثير:
قال الواقدي وابن الكلبي وغيرهما تزوج عمر في الجاهلية زينب بنت مظعون أخت عثمان بن مظعون فولدت له عبد الله وعبد الرحمن الأكبر وحفصة رضي الله عنهم.
Sebagaimana disebutkan dalam kitab Albidayah wa Nihayah karangan Ibnu Katsir: Al Waqidy dan Ibnul Kalby dan selain dari keduanya berkata : Umar menikahi Zainab binti Mazh'un saudari Utsman bin Mazh'un, kemudian ia melahirkan untuknya anak yg bernama : Abdullah, Abdurahman al- akbar (yg tertua) , dan Hafshoh Radhiallah anhum.
قال الواقدي وابن الكلبي وغيرهما تزوج عمر في الجاهلية زينب بنت مظعون أخت عثمان بن مظعون فولدت له عبد الله وعبد الرحمن الأكبر وحفصة رضي الله عنهم.
Sebagaimana disebutkan dalam kitab Albidayah wa Nihayah karangan Ibnu Katsir: Al Waqidy dan Ibnul Kalby dan selain dari keduanya berkata : Umar menikahi Zainab binti Mazh'un saudari Utsman bin Mazh'un, kemudian ia melahirkan untuknya anak yg bernama : Abdullah, Abdurahman al- akbar (yg tertua) , dan Hafshoh Radhiallah anhum.
وكان ميلاد حفصة قبل البعثة بخمس سنين كما جاء في المستدرك وغيره
عن عمر رضي الله عنه قال: ولدت حفصة وقريش تبني البيت قبل مبعث النبي صلى الله عليه وسلم بخمس سنين، ولهذا فهي أكبر بنات عمر
Dan Hafshoh lahir lima tahun sebelum kerasulan, sebagaimana dinukil dari kitab Al Mustadrok dan lainnya: Riwayat dari Umar Radhiallah anhu : Hafshoh lahir ketika kaum Quraisy memperbaiki pembangunan Ka'bah yaitu lima tahun sebelum kerasulan Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dengan demikian ia adalah putri tertua Umar.
عن عمر رضي الله عنه قال: ولدت حفصة وقريش تبني البيت قبل مبعث النبي صلى الله عليه وسلم بخمس سنين، ولهذا فهي أكبر بنات عمر
Dan Hafshoh lahir lima tahun sebelum kerasulan, sebagaimana dinukil dari kitab Al Mustadrok dan lainnya: Riwayat dari Umar Radhiallah anhu : Hafshoh lahir ketika kaum Quraisy memperbaiki pembangunan Ka'bah yaitu lima tahun sebelum kerasulan Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dengan demikian ia adalah putri tertua Umar.
فلماذا لم يقم عمر بن الخطاب رضي الله عنه بوأد ابنته حفصة رضي الله عنها وهي إبنته الكبري
Pertanyaannya adalah mengapa Umar bin al Khattab malah belum mengubur Hafshoh Radhiallah anha, padahal dia adalah putri tertuanya?
Pertanyaannya adalah mengapa Umar bin al Khattab malah belum mengubur Hafshoh Radhiallah anha, padahal dia adalah putri tertuanya?
والتي تكنى بها أبا حفص؟،
Dan dengannya pula, Umar dikun-yahkan sebagai Abu Hafshoh?
ولماذا يئد من هي أصغر منها؟
Lalu mengapa Umar mengubur yang lebih muda dari Hafshoh?
ولماذا انقطعت أخبار من وئدت فلم يذكرها أحد من أقاربها ولم نجد لها ذكرا في أبنائه؟
Kenapa terhapus berita siapakah sebenarnya yang dikuburkan, bahkan tidak satupun dari kerabat yg mengisahkan hal serupa, dan kita tidak menemukan namanya diurutan nama nama putra putri Umar?
فقد سموا لنا جميعا وسمي لنا من تزوجهن عمر في الجاهلية والإسلام،
Para Ulama telah mencantumkan nama nama mereka seluruhnya, dan menyebutkan nama istri istri Umar pada masa jahiliyah dan masa Islamnya,
ولم نقف فيما اطلعنا عليه من المراجع على شيء يوثق به في هذا الأمر.
Namun apa yg kami telah teliti belum diketahui secara pasti satupun sumber rujukan yg membuktikan validitas dalam kasus ini.
Dan dengannya pula, Umar dikun-yahkan sebagai Abu Hafshoh?
ولماذا يئد من هي أصغر منها؟
Lalu mengapa Umar mengubur yang lebih muda dari Hafshoh?
ولماذا انقطعت أخبار من وئدت فلم يذكرها أحد من أقاربها ولم نجد لها ذكرا في أبنائه؟
Kenapa terhapus berita siapakah sebenarnya yang dikuburkan, bahkan tidak satupun dari kerabat yg mengisahkan hal serupa, dan kita tidak menemukan namanya diurutan nama nama putra putri Umar?
فقد سموا لنا جميعا وسمي لنا من تزوجهن عمر في الجاهلية والإسلام،
Para Ulama telah mencantumkan nama nama mereka seluruhnya, dan menyebutkan nama istri istri Umar pada masa jahiliyah dan masa Islamnya,
ولم نقف فيما اطلعنا عليه من المراجع على شيء يوثق به في هذا الأمر.
Namun apa yg kami telah teliti belum diketahui secara pasti satupun sumber rujukan yg membuktikan validitas dalam kasus ini.
(انظر ترجمة أم المؤمنين حفصة رضي الله عنها في "الإصابة" للحافظ ابن حجر ٧/ ٥٨٢
Lihat biografi ummul mu'minin Hafshoh Radhiallah anha dalam kitab "Al Ishobah fi tamyizi shohabah" vol 7 hal 582, karya al Hafidz Ibnu Hajar.
Lihat biografi ummul mu'minin Hafshoh Radhiallah anha dalam kitab "Al Ishobah fi tamyizi shohabah" vol 7 hal 582, karya al Hafidz Ibnu Hajar.
٢- لم يعرف في بني عدي الذين ينتسب إليهم الفاروق وأد البنات بدليل أن أخته فاطمة بقيت حية حتى تزوجت سعيد بن زيد ابن عم عمر بن الخطاب
2- Keluarga besar Umar al Faruq yaitu Bani 'Ady tidak terkenal istiadat mengubur anak perempuan, sebagai bukti bahwa saudari Umar yg bernama Fatimah masih hidup kemudian menikah dengan Said bin Zaid putra paman Umar bin Khattab.
2- Keluarga besar Umar al Faruq yaitu Bani 'Ady tidak terkenal istiadat mengubur anak perempuan, sebagai bukti bahwa saudari Umar yg bernama Fatimah masih hidup kemudian menikah dengan Said bin Zaid putra paman Umar bin Khattab.
٣- بعد بحث في كتب الأحاديث و التخريج لم اجد له اثر إلا في كتب الرافضة وعدم ورودها في كتب السنة والحديث أو كتب الآثار والتاريخ دليل قاطع على بطلانها.
3. Setelah riset dalam kitab kitab hadis dan takhrij saya tidak menemukan rujukan kecuali dalam kitab kitab Rofidhoh (syi'ah) .
3. Setelah riset dalam kitab kitab hadis dan takhrij saya tidak menemukan rujukan kecuali dalam kitab kitab Rofidhoh (syi'ah) .
Sehingga nihilnya narasumber yg berasal dari kitab kitab sunnah, hadis, atsar, serta buku buku sejarah itu merupakan sebuah bukti absah terhadap kebohongan kabar tersebut.
وأخيراً فإن مسألة الطعن في الصحابة عن طريق القصص التي
ظاهرها " البراءة " كثيرة جدًا؛
Dengan demikian, cerita cerita yg dpt 'membunuh karakter' para sahabat Rasulullah banyak sekali, yg seharusnya mereka terbebas dari hal itu.
لذا ينبغي على المرء أن يتثبت وأن يعرف من أين يأخذ العلم.
Itu sebabnya mengapa seseorang harus meneliti kembali dan memiliki kepekaan darimana ia mengambil sumber pengetahuan / ilmu.
ظاهرها " البراءة " كثيرة جدًا؛
Dengan demikian, cerita cerita yg dpt 'membunuh karakter' para sahabat Rasulullah banyak sekali, yg seharusnya mereka terbebas dari hal itu.
لذا ينبغي على المرء أن يتثبت وأن يعرف من أين يأخذ العلم.
Itu sebabnya mengapa seseorang harus meneliti kembali dan memiliki kepekaan darimana ia mengambil sumber pengetahuan / ilmu.
(Alih Bahasa oleh : Hasbi NM, Lc)
0 Response to "Umar Tidak Pernah Mengubur Putrinya, Ini Penjelasannya"
Post a Comment