AL MAIDAH, Permintaan Aneh Umat Nabi Isa



[AL MAIDAH]:

Nabi Isa as mengalami permintaan umatnya yang aneh, yakni meminta agar Allah swt menyediakan hidangan yang sama sekali tidak berasal dari bumi, tapi hidangan langsung dari langit atau dari Tuhan.

Permintaan ini merupakan sesuatu yang tidak pantas, apalagi keimanan kepada Allah swt dan Rasul-Nya tidak ada hubungannya dengan makanan, lagi pula permintaan itu menunjukkan sikap tidak menghormati seorang Nabi. Hal ini karena, keimanan itu ditunjukkan dengan ketaqwaan.

Karena betapa anehnya permintaan itu, maka Allah swt sampai mengabadikannya di dalam Al Quran dan menamai suratnya dengan Al Maidah yang artinya hidangan atau makanan yang dihidangkan.

Allah swt berfirman:

(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa berkata: "Hai Isa putra Maryam, bersediakah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?" Isa menjawab: "Bertakwalah kepada Allah jika betul-betul kamu orang yang beriman". (QS Al Maidah [5]:112).

Dalam konteks dakwah, para dai harus memiliki kesiapan mental terhadap kemungkinan adanya orang yang didakwahi mengucapkan kata-kata yang menusuk perasaan dalam rangka menjatuhkan semangat berdakwah dan merusak logika berpikir seorang dai.

*by Ustadz Ahmad Yani
Penulis Buku 160 Catatan Materi Dakwah, 802 Hal, Rp 200.000.
Pesan ke 08129021953. Pin 275d0bb3 atau 7cd9c56a. WA 081283761455)


0 Response to "AL MAIDAH, Permintaan Aneh Umat Nabi Isa"

Post a Comment