Setelah Luhut Kepala Staf Kepresidenan, Kini Hendropriyono Dapat Jatah Wantimpres


Capres Joko Widodo (kanana) bersama Mantan Danjen Kopassus Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dan mantan Kepala Badan Intelijen Nasional Jenderal (Purn) Hendropriyono (kiri), menghadiri Silahturahmi Keluarga Besar Purnawirawan Perwira TNI/Polri, di Jakarta, 3 Juni 2014. TEMPO/Imam Sukamto

Sembilan nama telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk duduk sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Rencananya para anggota Wantimpres ini akan dilantik pada Senin (19/1/2015) mendatang.

Berdasarkan informasi, anggota Wantimpres yang terpilih adalah Subagyo HS, Sidarto Danusubroto, Hendropriyono, Yusuf Kartanegara, Hasyim Muzadi, Suharso Monoarfa, Rusdi Kirana, Jan Darmadi, dan Mooryati Soedibyo. Sebelumnya, Syafi'i Maarif ditawarkan untuk menjadi Wantimpres, namun menolak sehingga posisinya diganti oleh Mooryati.

Pada Kamis (15/1.2015) lalu, para ketum parpol pengusung Jokowi-JK sudah berkumpul di kediaman Megawati Soekarnoputri untuk membahas Wantimpres. Mereka yang ikut pertemuan adalah Megawati, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Ketum Partai Hanura Wiranto.

Seskab Andi Widjajanto sebelumnya menyebut Wantimpres akan terdiri dari unsur TNI, tokoh agama, tokoh politik, dan ekonom senior. Tugas Wantimpres adalah untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan negara.

”Wantimpres akan dilantik hari Senin, 19 Januari, karena deadline-nya 20 Januari. Ada 9 orang yang dilantik menjadi Wantimpres,” ujar Andi pada Jumat (16/1/2015), dilansir fastnewsindonesia.

Dengan dipilihnya Hendropriyono sebagai Wantimpres berarti para jenderal dibelakang Jokowi saat pilpres sudah dapat jatah jabatan, sebelumnya pada 31 Desember 2014 kemarin  Luhut Binsar Panjaitan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Staf Kepresidenan yang baru.

0 Response to "Setelah Luhut Kepala Staf Kepresidenan, Kini Hendropriyono Dapat Jatah Wantimpres"

Post a Comment