[Kasus Budi Gunawan] Eggi Sudjana: Ini Permainan Politik Tingkat Dewa


Pengamat politik dan hukum Eggi Sudjana menilai ada permainan politis sejak awal dalam pemilihan calon kapolri.

Adanya permainan politik itu tersirat dalam posisi dan komposisi dukungan yang diberikan kepada Komjen Budi Gunawan oleh DPR. Fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) mendukung kecuali Partai Demokrat.

Fraksi dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) semuanya juga mendukung. Bahkan Fraksi PDI Perjuangan solid karena sejarah hubungan Budi Gunawan yang pernah menjadi ajudan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ketika menjadi presiden.

"Ini menunjukkan ada mainan politik tingkat dewa," ujar Eggi. Ahad, 18 Januari 2015.

Menurut Eggi, dinamika pemilhan calon kapolri dari awal sudah ada yang bermain dengan mencoba membenturkan antara Megawati dan Presiden Jokowi. 


"Mungkin ingin ada yang menciptakan konflik antara Jokowi dan Megawati," katanya.

Dalam beberapa diskusi setelah Jokowi menunda pelantikan Budi Gunawan, muncul keyakinan bahwa Jokowi tetap akan melantik Budi Gunawan setelah ada klarifikasi dari KPK mengenai kasus dugaan gratifikasi yang melibatkan polisi berpangkat KomJen tersebut.


Memang, hingga kini belum ada catatan sejarah bahwa seseorang yang sudah ditersangkakan KPK bisa melenggang bebas. Namun, Jokowi yang sangat yakin bahwa Budi Gunawan bersih tetap ingin menempatkan BG sebagai Kapolri. Di mana kasus ini akan bermuara? Apakah Budi akan dibui? Atau hanya digantung sampai masyarakat lupa? [*]

0 Response to "[Kasus Budi Gunawan] Eggi Sudjana: Ini Permainan Politik Tingkat Dewa"

Post a Comment