Jokowi Utak-atik Dana Haji Untuk Investasi, Netizen: Kalau Mangkrak, Bisa Gagal Naik Haji



Jokowi Ingin Dana Haji Diinvestasikan ke Infrastruktur

Bogor - Bertemu dengan direktorat jenderal (dirjen) penyelenggara ibadah haji dan badan usaha milik negara (BUMN) sektor asuransi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, dana haji sebaiknya tak hanya terparkir di deposito. Presiden menilai, cara tersebut aman, hanya seharusnya bisa dioptimalkan dengan mengalokasikan ke investasi dan kebutuhan rakyat.

“Kalau hanya ditaruh di deposito apakah betul? Kalau mau aman, ya taruh di situ. Tetapi kalau hanya taruh di deposito aja enggak usah manajer. Ini yang mau kami bicarakan siang ini,” kata ] Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/2).

Dia menambahkan, pemerintah akan kembali mengidentifikasi lembaga-lembaga yang punya dana besar untuk dialokasikan atau digunakan sementara bagi sektor yang bisa memajukan public dan ditarget akan memberikan keuntungan.

“Karena orientasi kita adalah kepada rakyat pada masyarakat,” lanjutnya.

Jokowi mengatakan ada negara lain yang memiliki tabungan haji lebih besar dibandingkan Indonesia. Mereka menggunakan dana haji ke berbagai investasi antara lain perkebunan kelapa sawit dan sektor-sektor lain. Dengan begitu keuntungan yang bisa didapatkan jauh lebih besar dibandingkan hanya terparkir di deposito.

“[Berinvestasi di perkebunan] sawit enggak ada ruginya. Terus infrastruktur, di jalan, pelabuhan, airport yang itu juga tidak ada ruginya,” kata presiden.

Oleh karena itu sembari berinvestasi maka peran BUMN asurani seperti Taspen dan BPJS ditekankan Jokowi harus lebih efektif.

(Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/249603-jokowi-ingin-dana-haji-diinvestasikan-ke-infrastruktur.html)

***

Upaya Jokowi mengutak-atik Dana Haji mendapat tanggapan publik netizen di social media.

"Kalau proyek mangkrak gimana? rakyat bakal gagal brangkat haji karena duit hilang gak jelas. Pantesan si Puan mau ngurus dana haji, ini tujuannya!" komen netizen Fachim Harharah.

Sebagaimana diketahui Penyelenggaran Haji 2015 dibawah kendali Puan Maharani. (Baca: Penyelenggaran Haji 2015 Dibawah Kendali Puan Maharani)

Bisa jadi usulan dan usilan Dana Haji ini karena Jokowi kekurangan dana seperti yang dulu disindir Prabowo saat debat pilpres...

PRABOWO: "Bikin kartu ini, bikin kartu itu bisa saja Pak Jokowi. Tapi dananya dari manaaa?? Emang uang bisa turun dari langit!? Anggaran kita bocor pak Jokowi, BOCORR...!"

JOKOWI: "Anggarannya ada, dananya ada. Tinggal kita mau kerja atau tidak, hanya itu, mau kerja atau enggak."

Iya yah. Anggarannya ada. Dengan naikin harga-harga, naikin bea matere, pajakin segala rupa, dan sekarang mau utak-atik dana haji.


0 Response to "Jokowi Utak-atik Dana Haji Untuk Investasi, Netizen: Kalau Mangkrak, Bisa Gagal Naik Haji"

Post a Comment