Jokowi Merapat ke KMP?


Sikap Koalisi Merah Putih (KMP) terhadap Presiden Jokowi belakangan ini cukup berbeda. Belakangan KMP lebih memilih mendukung kebijakan Presiden Jokowi. Apakah ini sebagai pertanda Jokowi akan merapat ke KMP?

Menurut Wakil Ketua DPR Fadli Zon, keberadaan KMP bukan dalam rangka menghambat roda pemerintahan Jokowi. Kebijakan Jokowi masih dalam koridor visi dan misi KMP untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Pemerintah ini kalau baik kita dukung. Oposisi kita ini yang loyal kepada kepentingan nasional," kata Fadli, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2015.

Sebab, kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, KMP tidak secara utuh sebagai oposisi. Partai koalisi pendukung Prabowo di Pilpres 2014 itu memberikan ruang kepada Jokowi untuk menjalankan tugasnya sebagai kepala negara sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang.

"Kita tidak murni oposisi seperti di Amerika. Kita memberikan satu ruang untuk menjalankan pemerintahan yang baik," tegas Fadli.

Diketahui, belakangan ini KMP mendukung kerap mendukung kebijakan Jokowi. Misalnya, terkait keputusan Jokowi tidak melantik calon Kapolri Budi Gunawan, keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) soal kisruh partai politik, KMP sama sekali tidak melihat ada peran Jokowi. Melainkan, KMP justru menilai ada peran parta politik pendukung Jokowi untuk memperkeruh situasi politik nasional.

0 Response to "Jokowi Merapat ke KMP?"

Post a Comment