Jalan Aman Untuk Jokowi


Keputusan Jokowi yang menunda pengangkatan Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri pengganti Jenderal Pol Sutarman adalah jalan tengah paling aman bagi dirinya.

Sepekan terakhir ini Jokowi mendapat tekanan besar setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka atas dugaan suap dan kasus rekening yang tidak wajar pada Selasa lalu, 13 Januari 2015.

"Ini adalah jalan tengah teraman Jokowi di tengah-tengah tekanan kuat dari dua kekuatan yang dihadapinya, yakni tekanan dari atas dan tekanan dari bawah," kata anggota Komisi III DPR RI, Martin Hutabarat, Sabtu, 17 Januari 2015.

Walaupun putusan ini belum menjadi putusan akhir, namun paling tidak dapat menjaga kewibawaan Jokowi dari reaksi-reaksi sinis dan kritis dari masyarakat banyak, termasuk dari para pendukungnya sendiri.

"Kritik-kritik emosional dari para pengikutnya itu perlu cepat dinetralisir agar tidak meluas," kata anggota fraksi Gerindra ini.

Kemarin malam Presiden Jokowi telah menentukan sikap menunda pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Menunda, bukan membatalkan. Itu yang digarisbawahi," ujar Presiden.

Presiden juga menetapkan keputusan untuk memberhentikan dengan hormat Jenderal Pol Sutarman dari jabatan Kapolri. Untuk mengisi jabatan Kapolri, Presiden mengangkat Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas. [rmol]

0 Response to "Jalan Aman Untuk Jokowi"

Post a Comment