Kultwit Carut Marut #IzinTerbang AirAsia oleh Said Didu


Mantan Sekretaris Menteri Negara BUMN, Muhammad Said Didu akhirnya angkat suara mengenai carut marut persoalan #izinterbang AirAsia dan segala aspek yang mungkin ditimbulkan dari upaya pembelokan istilah oleh beberapa pihak yang tak bertanggungjawab.

Inilah kultwit #izinterbang selengkapnya:

1. #izinterbang . Musibah #AirAsia8501 selain meninggalkan duka yg mendalam bagi kita semua, juga tabir carut-marut izin penerbangan

2. #izinterbang . Kultwit ini sama sekali tdk dimaksudkan mengaitkan antara kecelakaan #AirAsia8501 dg carut-marutnya izin penerbangan

3. #izinterbang . Kita tdk bisa menyimpulkan bhw musibah #AirAsia8501 terjadi karena tetbang tidak sesuai dg jadwal terbang yg diizinkan

4. #izinterbang . Izin terbang bagi pesawat dari otoritas penerbangan cg. Kemenhub adalah mutlak hrs dimiliki sblm terbang

5. #izinterbang . Izin tsb mutlak krn prinsipnya semua yg bergerak di udara suatu negara hrs sepengetahuan otoritas yi kemenhub dan militer

6. #izinterbang . Izin terbang jg terkait prinsip di udara bhw semua ruang udara dilarang dilalui kecuali yg telah diizinkan. Berbeda dg darat

7. #izinterbang . Klo didarat, semua boleh dilalui kecuali yg dilarang. Udara adalh wilayah pertahanan yg dilarang dilalui kecuali diizinkan

8. #izinterbang . Artinya jika ada pesawat sipil/militer yg lewat di wilayah udara tanpa pemberitahuan/izin maka AU kita harus minta mendarat

9. #izinterbang . Atas dasar itu sjk awal saya pertanyakan pernyataan plt Dirjen Hubud yg nyatakan bhw  #AirAsia8501 tdk nemiliki izin terbang

10. #izinterbang . Agak mustahil bhw #AirAsia8501 bisa terbang secara rutin - mengganti berjadwal -tiap hari minggu sjk 3 bln lalu tanpa izin

11. #izinterbang . Bhw betul #AirAsia8501 terbang tdk sesuai dg jadwal - itu pelanggaran - tapi terbang tanpa izin terbang adlh mustahil

12. #izinterbang . Mohon dibedakan antara izin terbang dg izin jadwal dan rute terbang. Izin jadwal dan rute ibarat izin prinsip saja

13. #izinterbang . Setiap pelaksanaan izin jadwal dan rute tetap membutuhkan izin terbang pada masing2 pesawat. Tdk boleh langsung terbang

14. #izinterbang . Izin terbang pada dasarnya terbagi 2 kelompok besar; yaitu izin berjadwal dan izin tdk berjadwal atau skdr izin lewat

15. #izintetbang . Izin tdk berjadawal berlaku pada pesawat carter, pesawat pribadi, atau pswt lewat yg tdk terjadwal

16. #izinterbang . Jika ada pswt atau benda bergerak di udara suatu negara tanpa izin terbang maka militer hrs menjegal dan "menangkap"

17. #izinterbang . Kenapa? Karena semua ruang udara kita adalah wilayah militer, kecuali yg sdh diizinkan utk dilalui oleh pswt yg diizinkan

18. #izinterbang . Pemberian izin (berjadwal dan tdk berjadwal) terkait dg 4 kelaikan, yaitu (1) pesawat, (2) bandara, (3) rute, dan (4) slot

19. #izinterbang . Keempat kelaikan tersebut merupakan kewenangan tunggal regulator atau otoritas bandara utk memberikan izin - bkn yg lain

20. #izinterbang . Kelaikan bandara mencakup kelaikan bandara tempat asal dan bandara tujuan. Kelsikan mencakup fisik, cuaca, dan keamanan

21. #izinterbang . Kelaikan pesawat juga dikeluarkan secara berkala oleh 2 otoritas penerbangan msg2 negara tempat pesawat tsb terdaftar

22. #izinterbang . Kelaikan rute terkait dengan keamanan fisik, iklim/cuaca, dan kepadatan jalur terhadap rute tersebut.

23. #izinterbang . Kelaikan rute ini penting krn pswt terbang ke manapun hanya diizinkan terbang pada rute dg ketinggian yg tlh ditetapkan

24. #izinterbang . Kelaikan slot terkait dg kepadatan lalu lintas penerbangan bandara asal juga kepadatan pendaratan di bandara tujuan

25. #izinterbang . Penilaian ke 4 kelaikan tersebut berlaku utk semua pesawat yg akan terbang, baik yg berjadwal maupun yg tidak

26. #izinterbang . Terkait dg pemberian izin pesawat berjadwal, selain faktor kelaikan tadi juga ditambah analisis kelayakan.

27. #izinterbang . Aspek kelayakan thdp rute terjadwal mencakup analisis jumlah penumpang dan kemampuan petusahaan airline

28. #izinterbang . Ini penting utk menghindari persaingan tdk sehat antar perusahaan air line demi menjaga kualitas pelayanan dan keselamatan

29. #izinterbang . Atas pertimbangan itulah maka tidak bisa dipungkiri terjadinya persaingan perusahaan airline memperebutkan rute gemuk

30. #izinterbang . Semua penilaian thdp kelaikan dan kelayakan utk mendapatkan izin tersebut menjadi kewenangan regulator cq. Kemenhub

31. #izinterbang . Di Indonesia, trdpt 3 operator yg terkait dg pelaksanaan izin terbang yg dikeluarkan otoritas penerbangan cq. Kemenhub

32. #izinterbang . Ketiga operator tsb, (1) perusahaan air line, (2) pengelola/perusahaan bandara, dan (3) perum pengelola Navigasi/ATC

33. #izinterbang . Setiap bandara terdapat wakil regulator yaitu otoritas bandara dari kemenhub yg mengawasi dan mengambil kptsn tiap saat

34. #izinterbang . Regulator, otoritas bandara dan regulator dibantu oleh BMKG yg memberikan perkiraan data cuaca yg akan dilalui

35. #izinterbang . Peran BMKG terbatas pemberian data - keputusan ttg terbang atau tidak tergantung pd kptsn regulator/operator.

36. #izinterbang . Atas uraian tsb dan dialog sy plt Dirjen Hubud pd di @KompasTV sdh terkonfirmasi bhw #AirAsia8501 memiliki izin terbang

37. #izinterbang . Yang dilanggar #AirAsia8501 adalah terbang di luar izin jadwal yg telah diberikan oleh regulator cq. Kemenhub.

38. #izinterbang . Artinya pelanggaran tsb adalah pekanggaran jadwal - bukan pelanggaran izin terbang #AirAsia8501 , artinya terbang legal

39. #izinterbang . Tidak sulit utk mencari yg bertanggung jawab thdp keluarnya izin terbang air asia di luar izin resminya krn semua tertulis

40. #izinterbang . Mhn dibedakan antara izin terbang dg memandu utk dan selama penerbangan. Izin terbang hrs dari kemenhub, pemandu perum ATC

41. #izinterbang . Penerbangan "rutin" Air Asia Surabaya - Singapura di luar jadwal yg sdh berlangsung 3 bulan adlh mustahil tdk diketahui

42. #izinterbang . Rasanya sulit dpt slot pendararatan di Bandara Sungapura yg padat tanpa komunikasi antara regulator dg otoritas Singapura?

43. #izinterbang . Saya ulangi lagi bhw kultwit saya ini terbatas pada carut-marut izin terbang yg terungkap dari musibah #AirAsia8501

44. #izinterbang . Kecelakaan #AirAsia8501 tidak otomatis terkait dg terbang di luar jadwal yg diizinkan selama pswt, bandara, dan rute laik

45. #izinterbang . Selain itu menghindari pembelokan persoalan izin terbang legal dg melanggar izin jadwal terbang agar menjadi clear.

46. #izinterbang . Sangat berbahaya jika ada pihak belokkan bhw #AirAsia8501 tdk miliki izin terbang - yg benar tdk terbang sesuai jadwal

47. #izinterbang . Jika ada pesawat bisa terbang "rutin" selama 3 bulan tanpa izin terbang maka negara ini sdh SOS - dan itu pasti salah.

48. #izinterbang . Pernyataan pjbt kemenhub yg menyatakan bhw #AirAsia8501 terbang tanpa izin sdh dimanfaatkan phk asuransi utk menghindar.

49. #izinterbang . Kayaknya mustahil #AirAsia8501 terbang tanpa izin terbang, baiknya kemenhub fokus nencari siapa yg brkn izin rutin

50. #izinterbang . Demikian kultwit ttg carut-marut #izinterbang yg terungkap dari musibah #AirAsia8501 utk bhn diskusi. Sy blm tentu benar

---------

Menanggapi kultwit tersebut, seorang netizen, @de_sigitnurseto bertanya.

"Jd yg kliru pernyataan pihak Kemenhub atau Media Massa yg melintir brita Pak?"

Said Didu menjawab, "saya dialog langsung dg plt dirjen hubud tadi di @KompasTV - awalnya spt itu, tapi akhirnya ngakui bhw ada izin terbang". (fs)


0 Response to "Kultwit Carut Marut #IzinTerbang AirAsia oleh Said Didu "

Post a Comment