Mengapa KPK Belum Ungkap Menteri Berlabel Merah?


Dugaan label merah menteri kabinet kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih misterius. Sebab, KPK belum mengungkapkan apakah calon menteri yang diberi label merah dijadikan menteri oleh Jokowi.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto terkait hal itu mengatakan, saat ini penyidik KPK tengah fokus menangani perkara yang baru ditangani oleh pihaknya.

"Sekarang fokus (kami) di kasus ini (Budi Gunawan) saja dulu," kata Bambang saat jumpa pers di kantor KPK, Jakarta, Rabu, 14 Januari 2015 malam.

Sebagaimana, Ketua KPK Abraham Samad mengakui pihaknya memberikan label merah pada calon menteri Presiden Jokowi. Hal itu diketahui lantaran calon menteri diminta ditelusuri rekam jejaknya oleh KPK.

Samad menyebut orang yang diberi tanda merah rawan menjadi tersangka. KPK pun berjanji akan mengumumkan siapa nama-nama yang diberi label merah itu. Namun, sampai detik ini, nama-nama itu belum juga diumumkan.

"Kalau merah ya bisa setahun, kalau kuning bisa dua tahun. Atau kalau merah sebulan, kalau kuning dua bulan. Tapi itu perumpamaan," kata Samad.

KPK baru mengumumkan satu nama calon pejabat tinggi Jokowi yang berlabel merah. Dia adalah Komjen Pol Budi Gunawan yang saat ini telah menjadi tersangka kasus dugaan suap dan penerimaan gratifikasi [inilah/fs]

0 Response to "Mengapa KPK Belum Ungkap Menteri Berlabel Merah?"

Post a Comment