Akhirnya Ahok Melunak

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melunak.

Setelah sempat ngotot akan mengeluarkan Peraturan Gubernur agar menggunakan APBD DKI 2014 untuk tahun 2015 ini, Ahok akhirnya setuju dengan DPRD.

Perubahan sikap Ahok ini terjadi di hari kedua pembahasan RAPBD 2015 hasil evaluasi Kemendagri oleh DPRD dan Pemprov DKI Jakarta.

Setelah bertemu dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di ruang kerjanya, Balaikota, Jakarta Pusat, Ahok berjanji akan mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) untuk RAPBD DKI 2015. Padahal sebelumnya Ahok mengaku akan menggunakan APBD 2014 bila DPRD tetap bersikukuh tidak mematuhi aturan yang ia buat.

"Setiap proses, pasti Perda ya," ujar Ahok.

Prasetyo yang berdiri disampingnya pun langsung menganggukkan kepala dan mengaku sepakat dengan pernyataan Ahok.

"Perda, optimis Perda (yang turun) ya," katanya.

Sebagaimana diketahui, nasib APBD DKI 2015 belum jelas. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama secara sepihak mengklaim akan menggunakan APBD 2014 bila pembahasan RAPBD berakhir deadlock (tanpa keputusan).

Hal berbeda justru disampaikan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Menurutnya, Jakarta tidak seharusnya menggunakan APBD 2014 karena pembangunan dipastikan akan kembali ke titik nol alias tidak maju.

"Kalau menggunakan APBD 2014, artinya kita kembali ke titik nol. Pembangunan akan disesaikan dengan isi APBD lama yang tidak sesuai dengan pembangunan 2015 ini," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (18/3).

Prasetyo secara tegas mengungkapkan tidak setuju bila Ahok mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) meloloskan penggunaan APBD DKI 2014. (rmol)

0 Response to "Akhirnya Ahok Melunak"

Post a Comment